7 Manfaat atau Sisi Positif Dari Deep Web (Dark Web)

Manfaat Deep Web

Ketika saya menyebutkan kata Deep Web, pasti pemikiran yang akan muncul dibenak sobat adalah berbagai pikiran mengenai situs-situs yang mengerikan, dan juga sangat berbahaya untuk dikunjungi. Karena memang pada hakikatnya Deep Web memang begitu, tetapi walaupun berbahaya, tetap ada beberapa manfaat yang bisa kita ambil.

Selama ini kebanyakan Blog yang ada hanya menjelaskan tentang Sisi Negatif dari Deep Web saja, sehingga kebanyakan orang yang tau deep web pasti sudah mengira bahwa deep web itu berbahaya, deep web itu serem, dan lain sebagainya.

Bahkan saya sendiri pun sebagai seorang blogger, pernah beberapa kali membuat artikel tentang bahaya yang ada di dalam Deep Web.

Jadi sempat muncul beberapa orang yang juga mengkritik tentang Deep Web. Ada yang bilang artikel ini terlalu berlebihan lah, ada juga orang yang bilang kalau deep web bukan hanya tempat mengerikan, tetapi banyak juga manfaat yang bisa kita ambil, kalau saja kita bisa menyaring konten-kontennya.

Jadi saya pun mulai berpikir dan setuju, mengapa orang-orang hanya selalu fokus untuk membicarakan keburukan sesuatu?
Mengapa sesekali tidak membicarakan hal-hal yang positif saja tentang hal tersebut?

Ya walupun Deep Web itu memang dikatakan sebagai sisi gelap internet, tetapi bukan berarti semua isinya hanya konten-konten berbahaya.
Bahkan sesuatu yang buruk pun jika kita bisa mengolahnya dengan baik, bisa menghasilkan sesuatu yang baik.

Karena itulah, pada kesempatan kali ini saya akan memberanikan diri untuk menuliskan artikel tentang 7 Manfaat atau Sisi Positif Dari Deep Web (Sisi Gelap Internet).
Kebanyakan isi artikel ini saya tulis secara pribadi menggunakan ingatan saya sendiri, dan beberapa pendapat dari orang lain yang juga penjelajah Deep Web.

Jadi kalau ada salah, silahkan Komen. Saya tidak akan marah, malahan akan sangat berterima kasih.

Yaudah, silahkan langsung aja simak ya sobat!


1. Tanpa Identitas

tidak memiliki identitas atau tersembunyi

Tentu saja hal pertama yang ditawarkan Deep Web untuk kita adalah sebuah penjelajahan yang tidak perlu memiliki identitas, alias rahasia.
Maksudnya adalah, kita bisa menjelajahi Deep Web tanpa orang lain bisa tau siapa kita, karena kita menggunakan jaringan Anonymous alias Tanpa Nama. Tentunya dengan bantuan browser yang bernama Tor Browser.

Jadi kalau sobat menjelajahi Deep Web menggunakan Tor Browser, tidak perlu takut identitas kamu terbongkar. Karena ketika menggunakan Tor, otomatis sobat akan menggunakan VPN yang berfungsi untuk memalsukan IP Address internet sobat, atau alamat perangkat sobat.

Jadi sobat bisa menjelajahi Deep Web dengan tenang, karena memang itulah salah satu kelebihan Deep Web. Yaitu memberikan para penggunanya untuk menjelajahi Internet tanpa harus memiliki identitas, alias memiliki kebebasan dan privasi.

Tidak seperti ketika menjelajahi internet biasa, kita pasti bakal sangat mudah untuk dilacak.

Jadi intinya manfaat yang pertama adalah, Deep Web membuat kita menjadi orang yang tidak dikenali, Tanpa Nama, Rahasia, dan apapun itu.
Semua orang bebas berbagi apa saja di dalam Deep Web tanpa harus takut ketahuan. Tidak seperti di internet biasa, yang dikit-dikit langsung di ciduk.


2. Informasi, Buku-Buku, dan Dokumen Rahasia

situs yang membagikan buku buku gratis di dalam deep web
Imperial Library of Trantor - sebuah situs Deep Web yang membagikan banyak buku-buku gratis, ataupun bisa dikatakan sebagai Perpustakaan Deep Web.

Seperti yang saya katakan tadi, semua orang bebas berbagi apapun di dalam Deep Web, karena identitas kita akan terjamin aman, tanpa diketahui siapapun.
Karena itulah Deep Web menjadi tempat yang sangat pas sekali untuk berbagi apapun yang tidak di izinkan untuk dibagikan di internet biasa.

Hal-hal bermanfaat yang bisa di dapat dari dalam Deep Web adalah berbagai InformasiBerbagai Macam Ebook, dan juga Dokumen Rahasia milik negara yang seharusnya tidak boleh dimiliki masyarakat biasa. Tetapi dengan adanya Deep Web, orang-orang biasa sekalipun bisa mendapatkan dokumen rahasia milik FBI ataupun CIA.

Berbagai macam buku-buku Misterius juga banyak tersebar di dalam Deep Web. Misalnya saja saya kemarin sempat menemukan sebuah buku aneh yang ditulis dengan bahasa asing, seperti bahasa alien. Yang mungkin mengandung makna yang luar biasa jika kita berhasil memecahkan artinya.

Tetapi banyak juga buku-buku tentang pembelajaran menjadi seorang Hacker yang disebarkan melalui Deep Web. Dan yang menariknya lagi adalah, semua itu bisa sobat dapatkan secara gratis! Tanpa harus membayar sama sekali.

Dan berbagai Dokument rahasia milik FBI atau CIA yang berisikan tentang rahasia-rahasia yang selama ini mereka sembunyikan dari Dunia pun bisa sobat dapatkan melalui Deep Web.
Berbagai macam Rahasia DuniaRahasia tentang Alien, dan berbagai Konspirasi dunia ada di dalam Deep Web.

Sobat hanya perlu menjelajahi Deep Web lebih dalam lagi, dan harus tetap berhati-hati.


3. Jual-Beli Barang Langkah

Underbridge situs toko online di dalam deep web
Underbridge - sebuah situs Jual-Beli di dalam Deep Web yang paling terkenal. Berbagai macam barang dijual di dalam situs ini.

Ya walaupun kebanyakan Transaksi Jual-Beli di dalam Deep Web itu hampir semuanya adalah ILEGAL, tetapi hal ini tetap bisa dikatakan sebagai salah satu manfaat dari Deep Web.
Karena orang-orang bisa mencari barang apapun melalui Deep Web, bahkan barang langkah yang tidak ada dijual di internet biasa.

Misalnya saja barang yang sangat diperlukan, seperti Obat, atapun barang-barang lainnya. Maka jika barang tersebut termasuk barang langka, ataupun dilarang. Bisa saja barang tersebut bisa sobat dapatkan dengan mudah di dalam Deep Web.

Karena seperti yang saya katakan tadi.
Semua orang yang ada di dalam Deep Web Identitasnya telah di sembunyikan, jadi mereka sudah tidak takut lagi untuk menjual sesuatu di dalam Deep Web.

Yang harus sobat miliki jika ingin berbelanja di dalam Deep Web adalah mata uang yang bernama Bitcoin.
Mata uang inilah yang menjadi mata uang utama di dalam Deep Web. Dengan Bitcoin, sobat bisa membeli apapun dari Deep Web.

Bahkan barang yang sangat langkah dan dilarang sekalipun.

Tetapi ya sebaiknya jangan membeli hal-hal yang dilarang lah. Karena ujung-ujungnya pasti akan berdampak buruk pada diri kita sendiri.


4. Mencari Informasi Tentang Seorang Kriminal

situs mengerikan di dalam deep web
Shadow Web - sebuah Situs yang ada di dalam Deep Web, yang berguna untuk memberikan kita akses masuk ke dalam situs-situs berbahaya dan terlarang yang ada di dalam Deep Web.

Saya ingat kata seorang Hacker dalam film Who am i, yang katanya “Tidak Ada Sistem Yang Aman.”
Yang artinya, semua sistem internet yang aman sekalipun pasti memiliki celah untuk diretas, dan dicuri data-datanya.
Hal inilah yang dimanfaatkan kebanyakan para Hacker untuk membobol sebuah situs di internet.

Bahkan Deep Web, yang memiliki keamanan Privasi yang sangat tinggi, tetap bisa saja dilacak para penggunanya.
Seperti halnya si pemilik situs penjualan narkoba terbesar yang ada di dalam Deep Web, yaitu situs Silk Road.

Pemilik situs narkoba Deep Web ini berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian.

Jadi Deep Web bisa juga bermanfaat untuk pihak Kepolisian dalam mencari para Kriminal-kriminal yang bersembunyi. Walaupun untuk membongkar identitas mereka, pastinya membutuhkan waktu yang lama, dan percobaan yang dilakukan berulangkali.

Tetapi tetap saja pihak Polisi bisa menangkap para Kriminal yang ada di dalam Deep Web. Tentunya dengan bantuan pihak TOR dan beberapa Hacker.


5. Tempat Paling Aman Untuk Curhat

Situs forum deep web
The Onion Forum - sebuah situs Forum di dalam Deep Web.

Manfaat yang cukup menarik selanjutnya pada Deep Web adalah kamu bisa curhat dengan bebas tanpa takut identitas kamu diketahui oleh siapapun yang mendengarkan ceritamu.

Yap, lagi-lagi masalah identitas.

Jadi misalnya kamu seorang Jomblo yang Ngenest banget, pengen banget curhat di Internet, tapi kamu orangnya pemalu dan tidak mau dikenal oleh siapapun, maka Deep Web lah yang paling tepat untuk menjadi tempat curhat kamu.

Apalagi kalau kamu cerita masalah yang sangat Pribadi, maka tentunya kamu tidak ingin orang lain tau siapa kamu sebenarnya.

Ada banyak sekali situs Forum yang ada di dalam Deep Web, dan salah-satunya adalah situs forum The Onion Forum yang sudah saya tunjukkan gambarnya diatas.
Dengan forum ini, sobat bisa dengan bebas membuat artikel dan menulis apa saja yang ingin sobat tulis.

Maka anggota lain di Forum pun akan ikut komen, dan bisa memberikan masukkan untuk sobat.

Atau sobat ingin langsung curhat dengan orang lain?

situs chattingan di dalam deep web
Chat with Strangers

Maka situs Chat with Strangers bisa menjadi tempat untuk mencari seseorang yang bisa diajak ngobrol.

Di dalam situs sederhana tersebut, kamu bisa mengajak seseorang secara random yang ada di situs tersebut untuk diajak ngobrol.
Orang-orang tersebut bisa berasal dari mana saja. Contohnya saya pernah ngobrol melalui situs chat tersebut dengan orang India.

Ini dia Screenshotnya :

chattingan di dalam deep web

Saya hanya iseng-iseng saja untuk mencoba situs chat Deep Web ini, dan ternyata berhasil. Dan saya telah melakukan sedikit obrolan dengan orang yang juga ada di dalam Deep Web, walaupun kami beda negara.


6. Kebebasan Berbicara Tentang Politik

blog yang ada di dalam deep web
Onion Soup – Blog yang berisi berbagai artikel tentang Politik USA.

Nah, bagian ini yang paling saya suka, karena saya memang sangat Benci dengan sistem Hukum dan Politik negeri tercinta kita ini.
Karena banyak sekali para Koruptor yang bisa bebas seenak jidatnya. Sedangkan orang-orang lemah semakin ditindas.

Jika kamu memberikan kritik tentang Politik di Sosial Media ataupun Blog di internet biasa, tentu hal ini bisa membuat resiko yang cukup serius. Apalagi kalau kamu mengkritik hukum dan politik di negeri ini yang tidak adil, bisa jadi malah kamu yang nantinya akan ditangkap karena berani memfitnah ataupun menjelek2an politik atau pihak yang berkuasa di negeri ini.

Karena itulah, di dalam Deep Web sobat tidak perlu khawatir akan ditangkap hanya karena mengkritik ataupun berbicara tentang politik yang tidak adil dan membongkar banyak rahasia soal pejabat yang sering Korupsi.

Di deep web sobat bisa menceritakan segalanya, bisa membeberkan semua rahasia ataupun ujaran dan caci maki kepada para pejabat koruptor di negeri ini tanpa harus takut diciduk. Karena di dalam Deep Web identitas kamu aman.

Sobat bisa membuat sebuah blog juga seperti yang diatas, ataupun bercerita di berbagai Forum.


7. Pengetahuan Dari Berbagai Orang

berbagi pengetahuan melalui deep web

Dan manfaat dari Deep Web yang terakhir yang harus sobat ketahui adalah kita bisa mendapatkan sangaaat banyak pengetahuan dari berbagai jenis orang, dan berbagai jenis pemikiran yang berbeda.

Karena sebenarnya orang-orang kebanyakan yang ada di dalam Deep Web itu bukanlah orang biasa, tetapi para Hacker dan Ahli-Ahli lainnya juga sangat sering berada di dalam Deep Web dan berbagi pengetahuan yang mereka miliki.

Jadi sobat bukan hanya bisa curhat dengan orang asing, tetapi juga bisa saling menukar informasi dan memberikan Pengetahuan baru untuk orang lain, tanpa harus takut diciduk polisi.

Karena itulah Deep Web semakin menjadi tempat yang paling menarik, bukan hanya menakutkan dan menyeramkan.
Iya jika kamu hanya mendengarkan tentang deep web dari orang lain, padahal kamu belum pernah menjelajahinya sendiri.

*****

Yap, selesai sudah pembahasan soal Deep Web pada kesempatan kali ini. Artikel ini juga saya buat karena banyak permintaan dari para pengunjung setia yang suka membaca cerita tentang Deep Web.

Seluruh gambar situs-situs Deep Web diatas adalah hasil Screenshot saya sendiri ketika menjelajahi Deep Web. Dan artikel ini ditulis tanpa plagiat dari situs manapun, karena saya tulis berdasarkan pengalaman nyata saya.

Silahkan di Komen jika ada yang salah ya sobat.
Dan kalau kamu suka dengan artikel saya ini, silahkan Share ke teman-teman atau ke Group kamu.

Saya ucapkan banyak terima kasih untuk para pengunjung yang banyak mendukung saya dalam membuat artikel tentang Deep Web.

Semoga menarik dan bermanfaat.

0 Comments:

Posting Komentar