Penjelajahan Deep Web Part 8: Jual Masker Corona di Deep Web (Mask Shop)

Penjelajahan Deep Web Part 8


Dalam beberapa tahun terakhir, ketika saya menjelajahi Deep Web / Dark Web, saya sudah banyak sekali menemukan situs yang menjual berbagai jenis barang. Ada situs yang menjual Senjata Ilegal, situs Jual Narkoba, sampai dengan situs yang menjual Pembunuh Bayaran yang bisa kamu sewa untuk kebutuhan terlarang. Namun beberapa hari yang lalu, saya menemukan sebuah situs yang cukup unik, situs ini bernama Mask Shop, dan situs ini bukan menjual senjata ataupun narkoba, melainkan menjual Masker.

Ya, baru kali ini saya menemukan situs yang menjual barang berbeda seperti ini, bahkan saya menemukan situs ini juga tidak sengaja. Hasil dari menjelajah kesana-kemari, niat mau cari situs Dark Web yang mengerikan, ternyata saya menemukan link situs ini. Jadi, karena menurut saya situs ini cukup unik dan menarik, maka saya putuskan untuk menjadikan situs Mask Shop ini menjadi sebuah artikel Penjelajahan Deep Web.

Untuk lebih detail dan jelasnya lagi mengenai situs ini, dan masker apakah yang dijual di situs ini?
Silahkan baca hingga akhir.


1. Tentang Mask Shop


Seperti yang saya katakan tadi, saya tidak ada niat sama sekali untuk mencari situs yang menjual masker di dalam Deep Web. Namun ketika saya mencoba menjelajahi dark web lebih dalam, saya juga lupa pastinya dapat dari mana, tapi saya menemukan link ini dan mencoba untuk melihat-lihat lebih dalam lagi.

Jadi Mask Shop adalah sebuah situs Dark Web yang menjual Masker. Masker yang mereka jual pun bukan masker yang biasa kamu beli seharga 10rb, tetapi sebuah masker kesehatan/kedokteran yang sangat khusus dan harganya juga mahal. Masker yang mereka jual ada 2 jenis, satu masker Aura 3M, dan satu lagi bermerek Farstar medical N95.

Saya yang awalnya gak tau jenis masker apa ini memutuskan untuk googling sebentar, dan mencari lebih detail tentang masker yang dijual tersebut. Dan ternyata 2 masker itu bukanlah masker biasa, melainkan masker kesehatan yang biasa dipakai orang-orang tertentu. Seperti bagian medis, atau orang-orang yang sering terpapar bahan kimia. Karena masker ini memang didesain untuk racun/virus yang cukup berbahaya.

Lalu, pertanyaan saya setelah itu adalah, mengapa mereka menjual masker sebagus itu di dalam Deep Web? Mengapa tidak menjualnya di situs resmi saja di internet biasa? Pasti kan bakal cepat laku?

(Untuk kamu yang ingin tahu lebih dulu soal masker-masker tersebut, bisa cek spesifikasinya di sini : https://www.3m.com/3M/en_NG/company-mea/all-3m-products/~/3M-Aura-Disposable-Respirator-FFP3-Valved-9332-/?N=5002385+3294470274&rt=rud)


2. Isi Situs Mask Shop

Karena situs ini hanya menjual masker, jadi tampilannya cukup simpel dan tak banyak fitur yang bisa dibahas di artikel ini. Namun, untuk memuaskan rasa penasaran para pembaca, saya akan coba tampilkan beberapa halaman yang ada di situs ini, dan tulisan-tulisan yang ada di dalamnya.

A. Tampilan Awal

(klik untuk memperbesar)

Pada halaman depan situs Mask Shop, terdapat tulisan yang tidak terlalu banyak, yang ada di bagian atas situs tersebut. Tulisan tersebut menjelaskan tentang situs Mask Shop dan juga tentang masker yang mereka jual.

Berikut ini sudah saya salin tulisan tersebut, dan telah saya translate menggunakan google ke dalam bahasa indonesia :

Kami menjual masker wajah Aura 3M & Farstar medial N95 untuk melindungi Anda dari Cornona VIRUS.
Kami adalah grosir dan pemasok resmi untuk Rumah Sakit. Kami ingin menyediakan masker seperti ini kepada orang normal seperti Anda.
Topeng ini tidak dicuri! Mereka baru dan asli! Kami ingin membantu Anda ! Semua orang membutuhkan kesempatan untuk mendapatkan Topeng untuk perlindungan - Tidak hanya karyawan medis!
Kami menjual MASKER ini di sini (dark web) untuk melindungi identitas kami karena beberapa klien kami seharusnya tidak tahu bahwa kami mendapat stok besar.
Masker ini akan datang dalam paket tertutup baru dan dapat digunakan sampai akhir 2024.
Satu Paket berisi 10 Masker!
Masker filter 3M & N95 ini adalah standar Rumah Sakit untuk perlindungan Corona.
HARAP MENYEBARKAN LINK YANG SEMUA ORANG MENDAPAT KESEMPATAN!

Kami juga menjual solusi pembersihan dan disinfeksi - tanyakan saja.
Pengiriman akan datang dari UE dengan DHL dan ID pelacakan.
Kami mengirimkan ke seluruh dunia!
Harga untuk satu paket termasuk pengiriman
1 Paket = 10 Masker baru

Itulah tulisan yang ada di halaman depan situs Mask Shop. Lalu di bawah tulisan itu, ada beberapa foto masker yang mereka jual.
Berikut ini beberapa foto yang ada di halaman depan :







Itulah foto-foto yang ada di halaman depan situs mask shop. Foto-foto tersebut mungkin adalah foto-foto masker yang akan mereka jual. Karena di foto tersebut terdapat kertas yang betuliskan alamat situs mereka di dark web. Mungkin untuk membuktikan bahwa mereka benar-benar menjual masker.

Lalu di bawah foto-foto tersebut ada harga-harga masker yang dijual, yang akan saya bahas nanti.

B. Halaman Order

Setelah halaman awal tadi, saya mencoba untuk membeli masker ini, lalu masuklah ke halaman order. Tampilan halamannya seperti gambar berikut ini :

(Tekan untuk memperbesar)

Pada tampilan halamannya, jika saya ingin meng-order / membeli masker, maka saya hanya harus memasukkan Email untuk konfirmasi alamat saya tinggal. Lalu di kolom bawahnya, mereka meminta untuk memasukkan alamat rumah / tempat untuk masker tersebut dikirimkan. Setelah itu di kolom terakhir mereka meminta memasukkan nama negara tempat masker akan dikirim.

Sesimpel itulah halaman ordernya.

C. Halaman Payment

(Tekan untuk memperbesar)

Setelah tadi saya sudah masuk ke halaman Order, dan sudah memasukkan data-data yang mereka minta, lalu saya kelik “submit”, maka selanjutnya saya masuk ke halaman Payment.

Di halaman inilah pembeli harus membayar masker yang sudah diorder tadi. Tentu saja mereka hanya menerima pembayaran dengan Bitcoin, mata uang Dark Web. Jadi untuk dapat membeli masker tersebut, saya harus memiliki bitcoin terlebih dahulu.

(Dan yang pastinya saya gak akan membelinya, karena bitcoin mahal cok).

Jadi itulah beberapa halaman / fitur yang ada di dalam situs Mask Shop ini. Memang hanya sedikit dan cukup simpel.
Dan bagi kalian yang sudah penasaran sama harga maskernya, silahkan lanjut baca.


3. Harga Masker

Seperti yang saya jelaskan di awal, mereka hanya menjual 2 jenis masker kesehatan.

A. Masker Aura 3M


Masker pertama yang mereka jual adalah masker Aura 3M.

Masker ini dijual dengan harga 79 Euro atau jika dirupiahkan menjadi 1,2 juta. Itu adalah harga untuk 1 kotak yang berisikan 10 masker. (buset bro mahal bener)

B. Masker Farstar Medical N95


Lalu masker kedua yang dijual di situs ini adalah masker Farstar Medical N95.

Masker ini dijual seharga 89 Euro untuk 1 kotak yang berisi 10 masker, atau jika dirupiahkan seharga 1,4 Juta.

Untuk harga normalnya saya tidak tahu berapa, karena cukup sulit mencarinya. Jika kamu penasaran, silahkan googling dan temukan harga masker ini di internet biasa.


4. Kesimpulan


Setelah saya cari tahu lagi, saya menemukan artikel ini (https://cloudsek.com/threatintelligence/dark-web-sells-covid-19-masks-at-10-times-actual-cost-amidst-severe-shortage/) yang menjelaskan ternyata harga masker dijual oleh situs dark web Mask Shop ini lebih mahal 10x lipat dari harga aslinya. Mereka menjual masker ini disaat pandemi Covid-19, karena memang masker menjadi produk yang sangat diincar oleh orang-orang, karena itu permintaan pastinya menjadi semakin pesat. Dijelaskan dalam artikel tersebut, masker ini dijual oleh perusaahan jerman.

Jadi intinya adalah situs Mask Shop ini menjual masker yang mungkin saja ilegal, karena menurut perkiraan saya adalah, mereka menimbun masker, lalu saat masker menjadi barang yang paling dibutuhkan seperti saat pendemi virus corona ini, mereka menjual masker tersebut dengan harga 10x lipat. Untuk mencari keuntungan yang lebih banyak.

Karena itulah mereka menjualnya di Dark Web. Agar identitas mereka tidak ketahuan dan bisa menjual masker tersebut dengan bebas.
Begitulah cara mereka mengekploitasi ketakutan orang-orang disaat pandemi virus corona saat ini.

Jadi terkadang Dark Web digunakan bukan hanya untuk menjual barang-barang berbahaya seperti Senjata atau Narkoba saja, namun barang-barang seperti masker pun ada dijual di sana. Pastinya mereka menjual barang tersebut secara Ilegal, bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Kalau di indonesia mah simpel aja, cukup beli masker kain yang seharga 10rb, itu juga udah cukup.

Itulah tadi artikel Penjelajahan Deep Web Part 8, sekian dulu, dan nantikan artikel penjelajahan selanjutnya.

Yah, begitulah.

0 Comments:

Posting Komentar